Welcome To My Blog SMPN 14 Malang My Name is Ilham Faqih Nugraha

Sabtu, 31 Januari 2015

PIDATO BAHASA INDONESIA Kelas 9

Bahasa Indonesia 

               Pada Kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Pidato. Pada umumnya Pidato sering kita jumpai dalam hal bermasyarakat, namun disisi lain kita masih belum tahu apa arti sesungguhnya dari pidato. 

A.Pengertian Pidato
Ialah  sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal.
B. Kerangka Pidato
Dalam Kerangka Pidato terdapat 3 Hal pokok yang harus ada dalam suatu pidato yaitu Pendahuluan, Isi , dan Penutup.
  1. Pendahuluan  :  berupa sapaan , Salam pembuka, ucapan syukur.

  •  Sapaan = Yth. Bpk. Kepala Smp Negeri 14 Malang , Bpk/Ibu Guru Smp Negeri 14 Malang yang saya hormati dan juga Teman-temanku yang saya banggakan
  • Salam Pembuka = Ass. Wrb. / Selamat pagi / salam sejahterah
  • Ucapan Syukur = Puji syukur terhadap Tuhan YME yang telah melimpahkan rahmat pada kita  

     2. Isi

  •  Kebiasaan dalam pengisian terdapat pengertian, manfaat, dampak , faktor penyebab, dan cara mengatasi, 

     3.  Penutup

  •  Simpulan = Jadi kesimpulan dari pidato yaitu .......
  • Harapan = Dengan kesimpulan ini saya berharap agar ..........
  • Permohonan maaf = Demikian yang bisa saya sammpaikan bila ada tutur kesalahan saya ..........
  • Ucapan terima kasih = Sekian dan terima kasih.
  • Salam penutup = wass.
Daftar Pustaka :
1.) http://id.wikipedia.org/wiki/Pidato  
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

your comment

Comment Box is loading comments...